Rabu, 02 November 2011

Randayan Eksotika Kalbar

Kalimantan Barat provinsi bagian barat pulau Kalimantan ini ternyata memilki cukup banyak pualau eksotik bila ditijau lebih dekat, tak sekedar ucapan kata belaka, tapi dapat dipastikan mengundang decak kagum dari para wisatawan yang telah mengunjunginya.salah satu dari sederet pulau yang dapat membuat mata kita tak berkedip melihat keindahannya adalah Pulau Randayan. Mari kita tinjau lebih dekat pulau yang terletak di sebelah utara pesisir Provinsi Kalimantan Barat.

Pulau Randayan, merupakan pulau yang kecil. Untuk mengelilinginya anada hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dengan berjalan kaki. Menuju ke Pulau Randayan, anda bisa bertolak dari Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan jarak sekitar 115. Dari Teluk Suak Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif Rp150.000,- untuk pulang pergi (PP).
Keindahan alam Pulau Randayan dapat Anda nikmati dengan menyelam atau snorkeling. Untuk melakukan snorkeling, Anda tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Cukup dengan kacamata renang, anda sudah bisa menikmati berbagai biota bawah laut yang begitu mempesona.







 Berdasarkan informasi dan data yang ada, Pulau Randayan memiliki pasir seluas 4,77 hektar, karang hidup 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, dan lamun 0,63 hektar. Wow, kekayaan alam yang cukup menantang untuk dijelajahi. Terumbu karang di Pulau Randayan tumbuh subur dan berkembang biak di bawah laut. Berbagai jenis ikan tropis dapat Anda temui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan.

Selain snorkeling dan menyelam, anda juga bisa memancing. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dinikmati dengan mengadakan acara barbeque. Aroma ikan bakar berpadu dengan semilir angin yang membawa aroma laut. Menyantap ikan bakar sambil menikmati pemandangan laut yang indah, atau pada saat matahari tenggelam, memberikan pengalaman yang pasti tak terlupakan.

Untuk menginap, Anda dapat menyewa villa atau cottage yang menghadap laut. Hal ini memungkinkan Anda menikmati panorama pulau dan laut langsung dari vila yang Anda tinggali. Tarif penginapan di sini bervariasi. Ada penginapan dengan tarif 400 ribu rupiah per malam.



Ini adalah anugarah Tuhan yang wajib kita syukuri, terlepas dari itu  kita juga harus menjaga dan melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar