Kamis, 03 November 2011

Pelestarian Hutan

Pelestarian hutan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga hutan agar tetap tumbuh dengan baik. Pelestarian tersebut dapat dilakukan berbagai cara. Jika pelestarian tidak terjaga semua itu akan mengakibatkan perlindungan terhadap tanah menjadi menurun bahkan dapat mengakibatkan erosi dan tanah longsor yang banyak terjadi di musim hujan seperti ini. Erosi akan semakin besar dengan besarnya intensitas hujan serta makin curam dan panjangnya lereng. Akibat adanya erosi kesuburan tanah akan berkurang karena lapisan atas sudah terkikis dan terbawa oleh air sehingga akan menurunkan produksi tanaman dan pendapatan petani
            Usaha dan cara pelestarian hutan yaitu tidak membakar hutan untuk perladangan. Untuk perladangan yang tidak menggunakan kaidah pelestarian hutan , waspada dan hati- hati terhadap api dan reboisasi lahan gundul, serta tebang pilih tanam kembali.
Kelestarian alam, itulah yang selalu menjadi bahan perbincangan yang hangat untuk beberapa negara di dunia. Kerusakan alam yang semakin parah mengakibatkan pemerintah harus memutar otak untuk melakukan berbagai hal mencegah kepunahan flora maupun fauna yang terdapat di dalamnya. Tentu saja kerusakan itu sendiri dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Padahal mereka sendiri tahu dampak negatifnya bagi kehidupan mereka maupun anak cucu mereka dikemudian hari.
Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk menangani masalah ini, namun banyak hambatan dan rintangan. Antara lain :
1.      Gagalnya kebijakan lag of policy yang dilakukan oleh perangkat hukum yang tidak dapat menginternalisasi permasalahan lingkungan yang ada.
2.      Gagalnya kebijakan lag of community yang dilakukan oleh pelaku pengelolaan lokal akibat adanya beberapa persoalan mendasar yang menjadi keterbatasan masyarakat.
3.      Gagalnya kebijakan lag of government sebagai bagian kegagalan pelaku pengelolaan regional yang diakibatkan oleh kurangnya perhatian pemerintah dalam menanggapi persoalan lingkungan.
Reboisasi mempunyai efek yang serupa seperti penghijauan yaitu, mengurangi luas lahan yang dapat ditanami oleh petani dan pengurangan produksi oleh naungan pohon. Jadi jelas dari segi ekologi manusia penghijauan dan reboisasi sulit untuk berhasil selama usaha itu mempunyai efek menurunkan daya dukung lingkungan dan menghilangkan atau mengurangi sumber pencaharian penduduk.
Fungsi hutan dan manfaatnya bagi manusia dan kehidupan lainnya adalah :
1.      Penghasil Kayu Bangunan
2.      Sumber Hasil Hutan
3.      Habitat Bagi Fauna
4.      Sumber Mineral dan menjadi paru-paru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar