Kamis, 03 November 2011

Orangutans See You Back Home

 Orangutan merupakan satwa dilindungi yang saat ini keberadaanya cukup mengkhawatirkan karena semakin mendekati kepunahan.  Di Indonesia, populasi orangutan hanya terdapat di Sumatra dan Kalimantan, diantaranya  tersebar di daerah Kalimantan Barat.  Beberapa data yang didapat membuktikan bahwa  populasi dari orangutan semakin menurun ,Rijksen dan Meijaard (1999) memperkirakan pada tahun 1996 populasi dialam sekitar 35.000 individu(Kalimantan 15.000 dan Sumatra 12.000), kemudian pada tahun 1997 setelah adanya kebakaran hutan, diperkirakan tersisa 27000 individu (Kalimantan 15000 dan Sumatra 12000). Tahun 2006, berdasakan data dari Direktorat Jendaral PHKA, populasi orangutan diperkirakan sekitar 20.000 individu( Kalimantan 13.000 dan Sumatra 7.000) sungguh hal yang menyedihakan!.
Semakin menurunnya populasi orangutan, bukan hanya disebabkan oleh bencana alam melainkan ada campur tangan dari manusia-manusia rakus tak bertanggung jawab dan tak memikirkan akibat dari perbutannya, mengurangi atau bahkan menghilangkan suatu populasi makhluk hidup di alam ini tentunya akan memengaruhi  keseimbangan ekosistem, yang pastinya akan berpengruh pada kehidupan manusia itu sendiri. Keriusakan yang disebabkan oelh perbuatan manusia diantaranya adalah pembukaan hutan untu kepentingan konservasi tanpa memperhatikan keanekaragaman hayati, dan praktik kejahatan illegal wildlife tride.
Untuk itu perlu penanganan konservasi dan rehabilitasi orangutan secara serius, meliputi perawatan medis secara intensif, lingkungan yang diusahakan sesuai denngan habitat orangutan meskipun hanya berupa kandang tapi aspek kebersehan dan kenyamanan dari orangutan sangatlah penting, meninjau sejauhmana upaya ini telah diterapkan, tidak perlu jauh-jauh kita bisa melihat kebun binatang yang ada di daerah kita Pontianak, sudahkah Anda mengunjunginya?, perlu diketahui sebagai bahan evaluasi diri kita bersama bahwa orangutan disana berada dalam kondisi yang memprihatinkan mulai dari lingkungan tempat tinggal sampai pada kesehatnnya terganggu itu semua dapat kita lihat tanpa kasat mata, dalam hal ini diharapkan  kepada Pemda setempat bagaimana memaksimalkan  upaya konservasi dan rehabilitasi secra maksimal, translokasi serta penegkan hukum kejahatan satwa dan oprasi pangamanan terpadu dll, agar keseimabangan alam ini tetap terjaga. 
http://www.google.co.id/imgres?q=orang+utan&hl=id&sa=G&gbv=2&biw=1024&bih=408&tbm=isch&tbnid=ENk957el8GRr_M:&imgrefurl=http://www.piknikyu.com/artikel/10040201/Orangutan-Sumatera-Terancam-Menghilang&docid=R1OfDe5X9LbDvM&imgurl=http://www.piknikyu.com/images/artikel/20100911024241dodol1dodolorang-utan-sumatera.jpg&w=450&h=338&ei=pTuyTpuSJo_LrQeBvtRh&zoom=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar