Kamis, 03 November 2011

Potensi PARIWISATA di Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya ternyata punya “Surga” wisata. Potensinya ada dan berkembang dimana-mana. Sangat strategis dijadikan wisata apapun. Ada potensi wisata alam, hutan, laut dan sungai buatan. Itu baru ciptaan Tuhan Yang Maha Esa belum lagi buatan manusia yang dikreasikan dengan keunikan-keunikan dan kekhasannya. Walaupun belum digarap semaksimal mungkin, kedepannya berpotensi melejit menjadi yang tempat-tempat wisata terutama di Kalimantan Barat. Di sini kami akan menjelaskan beberapa tempat yang dapat dijadikan potensi objek wisata yang menjanjikan.
Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, hanya alam liar yang terlihat. Kiri dan kanan hanyalah dipenuhi hutan belantara yang penuh tanaman. Beragam tanaman liar tumbuh dan berkembang secara alami di sisi kanan dan kiri Sungai Bulan. Ada pohon karet, bakau bahkan bahan untuk industri kayu dalam skala kecil tumbuh pesat. Kalau ditinjau sekilas, hutan ini seperti  hutan biasa dengan banyak tanaman. Tidak berbeda jauh dengan yang ada di kota lainnya. Ada banyak kesamaan dan bentuknya memandang wilayah baru ini. Namun jika ditinjau lebih jauh lagi di dalamnya, ada banyak keragaman dan keunikan di sana.
Ketika berjalan menyusuri Sungai Bulan, yang terlihat hanyalah hulu sungai dengan air beriak. Capung-capung kecil dengan kupu-kupu langka bertebaran terbang mencari kehidupan dengan memangsa. Desiran suara binatang hutan memecah kesunyian di Sungai Bulan.  Sebuah kawasan yang layak berkembang menjadi objek wisata alam Kubu Raya. Ribuan monyet bermain dengan ria dari satu pohon ke pohon lainnya.
Kawasan Sungai Bulan, tidak berbeda jauh dengan Danau Kongsi, sebuah kawasan wisata baru yang berada di Kuala Mandor B. Dengan airnya yang jernih dan ditumbuhi pohon lumut, ikan beriak. Entah berapa banyak habitat hidup yang ada di dalamnya. Bentuknya yang tidak seberapa besar, merupakan wisata baru yang memiliki tempat untuk berkembang. Berharap saja kawasan ini segera digarap supaya para pengunjung akan antri bila mulai mengenal Danau Kongsi ini.
Tidak hanya keindahan sungai, hutan, dan danaunya, Kubu Raya juga memilik air terjun yang tak kalah menarik dengan air terjun yang berada di Sangau Ledo Kabupaten Bengkayang. Air Terjun Bujang Bahar di kaki  Gunung Ambawang ini sungguh menakjubkan. Tempatnya yang terjal dan dukungan air jernih menambah warna kawasan ini.  Namun belum banyak yang tahu kalau kawasan ini berpotensi menjadi tujuan wisata alam yang mengasyikkan bagi traveller.
Ternyata  kawasan pantai juga tersedia di Kubu Raya loh. Tepatnya di Padang Tikar sebuah Pantai bernama Pantai Tasik Indah punya segudang keindahan yang membuat anda tak ingin pulang (hehehe lebay ya). Hamparan pasir putihnya yang luas, dengan lambaian pohon kelapanya yang tumbuh alami menambah keasrian indahnya pantai ini. Pantai ini berhadapan lansung loh dengan Laut China Selatan, rasanya layak kawasan ini menjadi objek wisata yang mampu menyaingi “Bali”.
Maaf karena keterbatasan sumber yang kami dapat, kami tidak bisa menampilkan gambarnya. Hehehe J sekian yang bisa kami sampaikan. Untuk pemerintah Kabupaten Kubu Raya, kelola dengan segera tempat-tempat wisata yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar