Kamis, 03 November 2011

Mari Jaga Hutan Kita

 
Hutan dengan segala ekosistem yang terkandung di dalamnya merupakan cerminan keunikan alam raya secara universal. Hutan dimana tempat berkembang biaknya flora dan fauna serta organism lainnya memilki keterkaitan sebgai simbiosis mutualisme adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat diabaikan begitu saja.eksistensi hutan itu sendiri memilki peranan vital dalam menjaga proses kehidupan di planet ini, dimana tanah yang subur, mata ier yang jernih dan udra yang sejuk serta bebas dari pencemaran  adalah gambaran nyata tentang arti pentingnya hutan bagi makhluk hidup dalam tatanan ruanng lingkup yang dinamis dan berkelnjutan.
Bila kita resapi  bersama  dapat kita lihat betapa kita sangat bergantung pada hutan demi kelngsungan hidup kita, tapi apakah yang sudah kita lakukan padanya, pada lakhluk Tuhan yang menjadi penjelmaannya, jangankan bicara dari sudut pandang saling menyayasngi sesame mkhluk tapi dari sudut pandang demi kemaslahatan diri kita sendiri saja banyak yang tidak peduli.
Selama ini yang lebih dominan muncul kepermukaan adalah kasus perambahan hutan, illegal loging, hingga tumpang tindih pemanfaatan kawasan, sangat miris . perlu diteliti lebih jauh ternyata kerusakan kita selama ini didominasi  aspek ekonomi semata, tanpa menghiraukan aspek lainnya sehingga hutan beserta isinys hanyalah sebagai lahan eksploitasi dan cari untung semta oleh segelintir oknum dari segala status , baik dari aparat pemerintah maupun dari kelompok masyrakat awam.
Terlepas dari  itu sesungguhnya kita harus cerdas memanfaatkan hutan kita dengan memperhatikan ekologi, aspek social dan aspek ekonomi, upaya yang dapat kita lakukan diantaranya adalah pengembangan dan pelestarian sumber daya hutan sebgai ekowisata, dimana hutan berfungsi sebagai pusat penelitian ekologi flora dan fauna dan sekaligus sebagai tujuan wisata alam dengan konsep Back to Nature. Jadi illegal loging dan sebagainya bukanlah solusi tepat untuk mendapatkan keuntungan dari hutan, tapi fungsikanlah hutan secara cerdas, dengan tetap menjaganya dan melestarikannya. Oleh karena tetap jaga hutan kita ya…..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar